Software Alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office Gratis!

Software Alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office Gratis!
Anda pasti sudah tidak asing dengan software yang bernama Microsoft Office. Ya, software pengolah dokumen yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft ini memang menjadi software yang wajib di install pada setiap komputer atau laptop, itu karena kegunaan Microsoft Office yang kita butuhkan, misalnya menulis atau membuat laporan hingga menyelesaikan berbagai tugas.

Dengan semakin tingginya pengguna Microsoft Office di sektor industri pendidikan, perbankan, hingga umkm, menjadikan Microsoft Office berevolusi dengan hadirnya beragam fitur baru yang luar biasa, misalnya saja Microsoft 365 dimana memiliki segudang fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mengelola dokumen. Misalnya penyimpanan cloud, clipchamp, dan dukungan teknis berkelanjutan yang tentunya di zaman ini sangat dibutuhkan.

Sayangnya, Microsoft 365 dan Microsoft Office versi terbaru dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, Microsoft 365 Personal dibandrol seharga Rp 960 ribu pertahun, sedangkan Microsoft Office Home & Student 2021 dibandrol Rp 1,2 juta pertahun. Dua paket yang disebutkan merupakan paket basic atau paket dasar yang paling murah. Anda dapat melihat tabel harga Microsoft 365 dan Microsoft Office dari situs web resmi Microsoft [disini].

Lisensi Microsoft 365 dan Microsoft Office bervariasi, tergantung dari jenis paket yang Anda pilih, misalnya Microsoft Office Home/Family, Personal, Student, atau Business, dan dengan harga yang berbeda-beda.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin membeli lisensi Microsoft 365 dan Microsoft Office, atau menunda pembelian untuk dilain waktu, Anda dapat menggunakan versi Free-trial. Apa itu Free-trial? Free-trial adalah versi uji coba yang diberikan kepada pemilik akun Microsoft. Pada Microsoft 365 versi Free-tiral berlaku selama 30 hari atau satu bulan. Setelah melewati masa gratisnya, Microsoft akan menagih biaya bulan berikutnya jika Anda ingin melanjutkan penggunaannya.

Microsoft 365 Free Trial

Bagi Anda yang memiliki cukup biaya untuk membeli paket bulanan atau tahunan, ini bukanlah masalah. Anda cukup melanjutkan ke proses checkout ketika pesan notifikasi invoice muncul. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki cukup biaya?

Di artikel ini, TKD akan merekomendasikan software alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office gratis yang 100% tidak memerlukan pembayaran. Software alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office ini juga bisa di install dan dijalankan pada komputer atau laptop berbasis Windows, Linux, maupun Mac OS.

Apa saja software alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office gratis itu? Berikut diantaranya:


1. OpenOffice

OpenOffice

OpenOffice adalah software open-source terkemuka yang dapat digunakan untuk mengelola dokumen, spreadsheet, presentasi, grafik, database, dan banyak lagi lainnya.

Menyimpan semua dokumen dalam format standar internasional dan juga dapat membaca atau menulis file dari software pengelola dokumen lainnya, seperti Microsoft 365 dan Microsoft Office.

OpenOffice merupakan hasil karya orang-orang hebat Apache Foundation selama 20 tahun. OpenOffice juga didesain sejak awal sebagai perangkat lunak open-source dan memiliki konsistensi yang tidak bisa diimbangi. Proses pengembangan OpenOffice yang terbuka membuat setiap orang dapat melaporkan bug hingga meminta fitur baru. Hasilnya, OpenOffice melakukan segala hal yang Anda inginkan agar pekerjaan Anda dapat dilakukan dengan OpenOffice yang 100% gratis.

OpenOffice tersedia dalam banyak bahasa dan dapat di install pada komputer atau laptop berbasis Windows dan Linux.


2. LibreOffice

LibreOffice

LibreOffice adalah software pengelola dokumen yang hebat, tampilannya yang bersih dan kaya akan fitur yang dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas.

LibreOffice mencakup beberapa perangkat lunak yang menjadikannya software alternatif Microsoft Office dengan fitur yang sangat lengkap.

Anda dapat membuat dan membuka dokumen apapun dengan LibreOffice termasuk: surat, tesis, brosur, laporan, presentasi, hingga gambar teknik dan diagram.


3. Google Docs

Google Docs

Google Docs sepenuhnya difokuskan untuk meniru Office Suite, namun ini dalam versi web. Dengan kata lain, Google Docs adalah platform yang dapat digunakan hanya dengan menggunakan browser web dan koneksi internet tanpa harus menginstall software.

Google Docs versi web ini 100% gratis dan dapat langsung digunakan oleh setiap pemilik akun Gmail, sebab untuk membuat dokumen Anda harus login ke akun Gmail terlebih dahulu.

Apabila Anda hanya ingin menggunakan Word, Spreadsheet, Side, atau membuat Formulir sederhana, Anda cukup membuka Google Chrome, kemudian login dengan akun Gmail Anda dan buka Google Docs. Anda bisa langsung mengerjakan apapun yang Anda inginkan saat itu juga!


4. Microsoft 365 Versi Web

Microsoft 365

Microsoft 365 Versi Web adalah layanan online milik Microsoft yang dibuat dalam versi web. Dengan menggunakan Microsoft 365 Versi Web Anda bisa membuat, membuka, dan mengedit file dokumen apapun yang Anda inginkan seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

Microsoft 365 Versi Web ini sangat mirip dengan Google Docs dari segi kegunaan, Anda cukup login dengan akun Microsoft dan seluruh fitur Microsoft 365 Versi Web bisa langsung Anda gunakan secara cuma-cuma alias gratis!

Itulah software alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office gratis yang bisa Anda download dan gunakan. Meskipun tidak semuanya berbentuk software, namun kegunaan dan fitur-fitur dasarnya sudah mempuni untuk membuat hingga menrancang dokumen yang andal.


Belum ada Komentar untuk "Software Alternatif Microsoft 365 dan Microsoft Office Gratis!"

Posting Komentar