Cara Split File Besar Dengan WinRAR

Cara Split File Besar Dengan WinRAR

Melakukan split file besar menjadi beberapa file kecil adalah metode yang biasa digunakan oleh blogger untuk mempermudah download dan upload file berukuran besar, karena dengan split/membagi file besar menjadi beberapa bagian file kecil lebih minim risiko dari corrupt. Split file besar juga memudahkan kita untuk menyimpan file di penyimpanan portable seperti Flashdisk dan SD Card.

Seperti yang kita tahu, Flashdisk dan SD Card tidak bisa menyimpan file berukuran lebih dari 4 GB. Hal ini disebabkan Flashdisk dan SD Card diformat dengan sistem FAT32. Jenis format FAT32 ini memiliki batasan pada ukuran file yang dapat disimpan di dalamnya. Meskipun Flashdisk dan SD Card berkapasitas lebih dari 2 TB, tetapi ukuran masing-masing file tunggal tidak boleh melebihi 4 GB.

Bagaimana cara melakukan split file besar?

Cara membuat file besar menjadi beberapa bagian file kecil cukup mudah, Anda dapat melakukannya dengan software seperti WinRAR. Seperti apa caranya? Simak dengan teliti panduan yang TKD jabarkan dibawah ini:

Cara Split File Besar Dengan WinRAR


1. Pastikan komputer atau laptop Anda sudah terinstall WinRAR, jika belum silahkan download terlebih dahulu softwarenya disini.

2. Setelah WinRAR terinstall di komputer atau laptop Anda, cari file besar yang ingin Anda split. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan arahkan kursor ke menu WinRAR, lalu klik Add to archive.
Add to Archive


3. Saat opsi pembuatan arsip dengan WinRAR muncul, perhatikan bagian Split to volumes.
Split to volumes size


Pilih ukuran yang ingin Anda sesuaikan untuk setiap arsipnya.

4. Klik OK dan proses split akan dimulai. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses split file ini tergantung dari seberapa besar file Anda. Semakin besar ukurannya, maka waktu yang dibutuhkan untuk proses semakin lama.

5. Selesai.

Hasil Split File Besar


Dengan cara diatas Anda dapat melakukan split file dan menyalin atau memindahkan file besar yang telah di split ke Flashdisk maupun SD Card.

Bagaimana cara membuka file yang sudah di split?

Untuk membuka file yang telah di split Anda cukup membuat folder baru dan memasukkan seluruh file yang telah di split kedalam folder tersebut, kemudian klik pilih file yang memiliki nama paling awal, misalnya part1 atau part01 kemudian klik kanan dan ekstrak. Maka, scara otomatis semua akan terekstrak sesuai dengan urutan angkanya.

Begitulah cara split file besar dengan WinRAR dan cara membuka/ekstraknya. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.


Belum ada Komentar untuk "Cara Split File Besar Dengan WinRAR"

Posting Komentar