12 Software Burning CD/DVD Gratis dan Terbaik 2024

12 Software Burning CD/DVD Gratis dan Terbaik 2024
Segelintir orang masih ingin mengabadikan atau backup data penting mereka di CD/DVD agar dapat tersimpan rapih, aman dan tentunya dapat diakses offline.

Menyimpan data dalam sebuah kepingan disc memang bukan cara baru, melainkan metode lama yang umum digunakan era tahun 90an sampai 2000an awal sebelum tergantikan dengan USB Flash Drive atau yang kita kenal dengan sebutan Flashdisk.

Cara melakukan burning data ke kepingan disc CD/DVD tidaklah semudah menyalin file seperti dari komputer ke Flashdisk, tetapi harus menggunakan langkah-langkah yang benar agar data dapat tersimpan, yaitu dengan cara Burning.

Apa maksud burning data?

Burning data ke kepingan disc CD/DVD ialah sebuah proses penulisan data yang dilakukan dari komputer ke kepingan disc CD/DVD yang dilakukan melalui DVD ROM di komputer ataupun laptop.

Melakukan burning data yang paling mudah adalah menggunakan software yang dapat melakukan burning. Software burning juga biasanya dikemas dengan beragam fitur lainnya untuk mempermudah pengguna. Nah berikut ini 12 Software Burning CD/DVD Gratis dan Terbaik 2024 yang TKD rekomendasikan untuk Anda, pilih dan gunakan salah satunya saja.



1. ImgBurn

ImgBurn
ImgBurn dapat menulis berbagai jenis gambar CD/DVD (termasuk gambar ISO), dan mampu menangani hal-hal seperti booktype dan bitsetting. Software ini juga mampu mem-burning gambar DVD Video layer ganda yang Anda tentukan dalam file IFO.

Selain itu, ImgBurn mampu menghapus dan memformat media yang ditulis ulang. Fitur lain termasuk kemampuan untuk membuat ISO sendiri, dengan dukungan untuk berbagai level ISO, Joliet, UDF, CD dan DVD yang bisa di boot, dll, dari file dan folder pada disk.

Official website: imgburn.com


2. Daemon Tools Lite

Daemon Tools Lite
Daemon Tools Lite memungkinkan Anda untuk menyalin semua jenis file gambar disc yang dikenal dan mengemulasi hingga 4 perangkat DT + SCSI + HDD. Software ini juga dapat membuat gambar dari optik dan mengaksesnya melalui katalog yang terorganisasi dengan baik.

Official website: daemon-tools.cc


3. AnyBurn

AnyBurn
AnyBurn adalah software untuk mem-burning data ke CD/DVD/Blu-ray yang paling ringan dan profesional. Software ini menyediakan berbagai fitur lengkap yang gratis untuk Anda yang ingin mem-burning data.

Official website: anyburn.com


4. CDBurnerXP

CDBurnerXP
CDBurnerXP ialah software burning gratis untuk melakukan burn data ke CD/DVD yang dapat menulis ke disc CD-R, CD-RW, DVD + R, RW, DVD-R, dan RW. CDBurnerXP juga dapat membuat audio-CD, rip audio-CD, mem-burning dan membuat gambar ISO, mengkonversi file WAV ke MP3 dan sebaliknya, memverifikasi disc setelah burning, membuat disk bootable, mencetak sampul, mengkonversi BIN dan NRG ke ISO, dll.

CDBurnerXP mendukung Burn on the Fly dan perangkat Burn-Proof. Fitur ini bekerja dengan sebagian besar drive IDE, USB, Firewire dan SCSI.

Official website: cdburnerxp.se


5. DVDStyler

DVDStyler
DVDStyler adalah software authoring DVD lintas platform gratis untuk pembuatan DVD yang profesional. Software ini memungkinkan Anda tidak hanya mem-burning file video ke disc DVD yang dapat dimainkan secara praktis pada DVD player, tetapi juga pembuatan menu DVD yang dirancang secara individual.

Official website: dvdstyler.org


6. BurnAware

BurnAware
BurnAware memungkinkan Anda untuk mem-burning data ke CD/DVD, membuat disc audio dan video, mem-burning file ISO dan Cue disk, dan membuat file ISO dari disc yang sudah ada.

Official website: burnaware.com


7. Burn4Free

Burn4Free
Burn4Free dapat digunakan untuk membuat dan menyesuaikan film DVD. Pembeda Burn4Free dengan software lainnya adalah kecepatan dan kualitas DVD-nya.

Official website: burn4free.com


8. Free Burning Studio

Free Burning Studio adalah software burning pemenang penghargaan untuk pembuatan CD/DVD/ISO. Setelah Anda mengunduh dan menginstal software ini, Anda akan dengan mudah untuk mem-burning, mencadangkan, dan memproses semua dokumen, video dan musik tanpa mengunduh setiap alat satu per satu. Free Burning Studio ialah satu-satunya software burning gratis terbaik yang sepenuhnya terintegrasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Official website: disc-maker.net


9. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio
Ashampoo Burning Studio menyimpan semua kelebihan pendahulunya dan menambahkan cadangan file multi-discs, ripper CD audio terintegrasi, dan dukungan lebih lanjut untuk format Blu-ray baru yang menarik dengan kapasitas hingga 25GB.

Official website: ashampoo.com


10. WinBurner

Semua dalam satu software sederhana yang sepenuhnya gratis. Anda dapat menulis semua jenis file seperti gambar, arsip, dokumen, musik dan video ke CD, DVD, dan Blu-ray disc. Dengan WinBurner, Anda juga bisa membuat disc menjadi bootable atau multisession, CD Audio dan Video DVD berkualitas tinggi, membuat dan mem-burning file ISO.

Official website: winburner.com


11. Free ISO Burner

Free ISO Burner dapat dipakai langsung untuk mem-burning file ISO ke dalam disc CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW, DVD + R, DVD + RW, HD DVD dan Blu-ray disc. Tidak perlu mount "Drive virtual" apa pun yang mengemulasikan CD/DVD fisik, software ini dapat menulis data apa pun secara langsung yang sepenuhnya gratis.

Official website: freeisoburner.com


12. AmoK

AmoK
AmoK memungkinkan Anda membuat multisession CD dan DVD, mem-burning file media dari ISO, CUE, BIN dan NRG (dengan bantuan plugin tambahan), membuat CD audio langsung dari WAV, MP3, WMA, WMV, dan OGG Vorbis (membutuhkan tambahan plugin), membuat film DVD dan VCD (dengan plugin), dll.

Software ini dapat bekerja dengan baik pada komputer Windows dan mendukung hampir semua kepingan disc seperti CD-R, CD-RW, DVD + R, DVD + RW, DVD-R, DVD-RW, DVD-RAM , DVD + DL (dual layer) media, dan IDE, SCSI, USB dan Firewire CD atau DVD. AmoK juga dapat dijalankan dari USB Flashdisk.

Official website: amok.am


Diatas adalah 12 Software Burning CD/DVD Gratis dan Terbaik 2024 yang dapat Anda seleksi dan gunakan salahsatunya Pastikan Anda sudah membaca dan memahami paduan penggunaan masing-masing software diatas, atau jika belum memahaminya silahkan mengunjungi situs web resmi mereka dan lihatlah pada halaman Tutorial, Guide, atau Documentation.

Beberapa software memerlukan plugin (file tambahan) agar dapat bekerja dengan sempurna. Selain itu, hampir semua software burning diatas memerlukan NET Framework pada Windows yang wajib Anda install atau perbarui. Jika komputer atau laptop Anda belum terinstal NET Framework, gunakan salah satu dari Software Update Driver Gratis yang pernah diposting sebelumnya.

Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "12 Software Burning CD/DVD Gratis dan Terbaik 2024"

Posting Komentar