6 Penyedia Layanan Sertifikat SSL Gratis 2024

6 Penyedia Layanan Sertifikat SSL Gratis 2024
Salah satu fitur keamanan untuk situs web saat ini adalah Secure Socket Layer (SSL) dimana situs yang sudah terintegrasi dengan sertifikat SSL menjadi lebih aman karena dilindungi dengan lalu lintas yang ter-enkripsi.

Ada beragam jenis SSL yang bisa Anda sewa dan gunakan untuk situs web. Beberapa diantaranya dibandrol cukup mahal dan memerlukan verifikasi resmi yang rumit contohnya: Anda harus memiliki NPWP, SIUP, dan dokumen lainnya.

Tapi ada juga penyedia layanan sertifikat SSL yang murah dan bisa Anda dapatkan tanpa harus memverifikasi dokumen apapun seperti PositiveSSL salah satunya yang bisa Anda sewa pertahun dengan biaya $9 atau setara dengan Rp 120 ribu.

Beberapa perusahaan penyedia layanan sertifikat SSL terkenal dan terpercaya di internet atermasuk:
  • Comodo
  • PositiveSSL
  • RapidSSL
  • GoGetSSL
  • DigiCert
  • SSLs
  • dan banyak lagi..

Beberapa tahun lalu ada salah satu organisasi yang menyediakan pembuatan sertifikat SSL garis bernama Let’s Encrypt. Let’s Encrypt adalah satu-satunya organisasi yang mengeluarkan setifikat SSL gratis dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Facebook, dan Cisco yang membuat Let’s Encrypt semakin terkenal dan terus memperkuat keamanannya.

Karena Let’s Encrypt adalah SSL gratis yang memberikan API untuk siapaun yang ingin menggunakan layanan sertifikat SSLnya, sekarang telah lahir banyak penyedia sertifikat SSL gratis. Enam diantaranya TKD rekomendasikan untuk Anda dibawah ini.



1. Let’s Encrypt

Let’s Encrypt
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Let’s Encrypt adalah pencetus sertifikat SSL gratis untuk publik. Kini mereka menjadi acuan utama saat kita berbicara soal SSL gratis.

Dengan Let’s Encrypt, Anda dapat membuat sertifikat SSL dan mengkonfigurasikan ke situs web dengan mudah. Ada banyak blogger dan youtuber yang telah membuat konten panduan pemasangan SSL Let’s Encrypt yang dapat Anda temukan di internet.


2. Cloudflare SSL

Cloudflare SSL
Cloudflare adalah penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) terkemua. Mereka dengan sukarela memberikan fasilitas CDN gratis untuk siapapun yang membutuhkan, lengkap dengan sertifikat SSL. Jutaan situs web di seluruh dunia telah menggunakan layanan CDN dan SSL dari Cloudflare yang terbilang mudah dikonfigurasi dan 100% gratis.


3. ZeroSSL

ZeroSSL
Sebagai penyedia sertifikat SSL gratis, ZeroSSL menganggap mereka jauh lebih baik dari kompetitornya, Let’s Encrypt. ZeroSSL memang terbukti memberikan fitur lebih banyak dibanding Let’s Encrypt yang mereka compare dalam table ini.


4. SSL For Free

SSL For Free
SSL For Free adalah salah satu penyedia layanan sertifikat SSL gratis yang menggunakan sistem ZeroSSL. Mereka memiliki situs web dengan tampilan sederhana yang mempermudah Anda memahami layanan yang mereka berikan.

Tak kalah dengan ZeroSSL dan Let's Encrypt pun memberikan Sertifikat SSL Wildcard gratis yang dapat mengamankan seluruh subdomain Anda hanya dengan satu SSL utama dan itu sepenuhnya gratis.


5. Get HTTPS for Free

Get HTTPS for Free
Get HTTPS for Free merupakan penyedia layanan SSL gratis yang menggunakan API dari Let’s Encrypt. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk menyewa SSL, Get HTTPS for Free dapat menjadi alternatif untuk membuat sertifikat SSL yang praktis dan gratis.


6. Certify The Web

Certify The Web
Certify The Web hadir untuk memberikan layanan pembuat SSL gratis. Mereka khusus memerikan SSL gratisnya bagi pemilik situs web yang menggunakan server Windows atau IIS web server.

Tak bedanya dengan Get HTTPS for Free, Certify The Web juga menggunakan sistem lain, yaitu dari Let's Encrypt untuk membuat sertifikat SSLnya.


Itulah 6 penyedia layanan sertifikat SSL gratis yang bisa Anda gunakan untuk situs web. Apabila Anda telah menggunakannya, tetapi ragu apakah sudah terinstal dengan benar atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan di SSL Labs.

INFO: Untuk situs web c-commerce (jual-beli di web) alangkah baiknya menggunakan SSL berbayar karena lebih aman dan bergaransi.


Untuk memastikan perbedaan antara SSL gratis dan berbayar, Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa penyedia SSL berbayar seperti Comodo SSL, Go Get SSL, dan SSL yang dapat digunakan free-trial atau gratis selama 90 hari.



Belum ada Komentar untuk "6 Penyedia Layanan Sertifikat SSL Gratis 2024"

Posting Komentar