Cara Mengatasi Gagal Salin & Pindah File Ke SD Card Di Android

Cara Mengatasi Gagal Salin & Pindah File Ke SD Card Di Android
Untuk menambah ruang penyimpanan di ponsel Android, SD Card adalah solusi yang paling tepat. Selain harganya yang terjangkau file yang disimpan ke SD Card juga dapat diakses secara offline dan bebas untuk menghubungkan ke ponsel lain atau komputer.

Tetapi, ada beberapa masalah yang dapat ditimbulkan ketika menggunakan SD Card, beberapa masalah umum yang sering terjadi adalah SD Card rusak tiba-tiba dan SD Card yang salah format. Dua masalah ini sangat menyakitkan karena Anda akan kehilangan seluruh data yang tersimpan di SD Card.

Jadi, penyimpanan awan (cloud storage) masih menjadi pilihan paling tepat dan aman untuk menyimpan file apapun karena file-file Anda akan disimpan di server internet. Meskipun kekurangan dari penyimpanan awan adalah Anda butuh koneksi internet untuk mengupload dan download file yang disimpan.

TKD sangat merekomendasikan Anda untuk beralih ke penyimpanan awan daripada menggunakan SD Card konvensional untuk menyimpan file penting.

Oke kita kembali ke topik. Bila Anda masih menggunakan SD Card dan mengalami masalah perizinan (permission), jangan khawatir sebab ada cara paling mudah untuk mengatasinya. Masalah perizinan ini menyebabkan file internal tidak bisa di salin ke SD Card, namun file yang sudah ada di SD Card tetap bisa dibaca di ponsel. Beda dengan SD Card rusak dan salah format yang sama sekali tidak terbaca (unallocated).

Berikut ini cara mengatasi gagal salin & pindah file ke SD Card:

1. Buka pengaturan ponsel.

2. Aktifkan opsi developer.

3. Centang bagian Paksa izin aplikasi di eksternal.

Paksa izin aplikasi di eksternal

4. Matikan ponsel.

5. Copot dan masukkan kembali SD Card.

6. Nyalakan kembali ponsel.

7. Selesai.


Dengan mengaktifkan izin di opsi developer berarti Anda telah memberikan izin untuk baca dan tulis di SD Card seperti biasa.

Cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan siapapun. Sayangnya, banyak orang yang lupa untuk mencopot dan memasang kembali SD Card setelah mengaktifkan izin di opsi developer. Padahal, langkah ini sangat penting agar sistem Android melakukan pemeriksaan SD Card dari awal lagi dengan izin yang baru.


Bagaimana saya tahu jika izin di Android melarang penulisan di SD Card?

Gampang, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama SD Card Test untuk memeriksa apakah izin diberikan atau tidak. Tandanya, jika izin tidak diberikan hanya muncul dua pilihan saat membuka aplikasi SD Card Test, sedangkan jika izin telah diberikan akan muncul tiga pilihan.

SD Card Test


Bagaimana mengaktifkan opsi developer di Android? Anda cukup membuka pengaturan lalu klik bagian Tentang Ponsel atau About Phone. Cari bagian Versi kemudian Pita, klik 5 kali berturut-turut pada bagian pita hingga notif opsi developer muncul.

Versi Android

Setelah mode developer aktif, Anda bisa mengakses fitur developer di menu Pengaturan Tambahan.

Opsi Developer

Sesudah masalah Anda terselesaikan, jangan nonaktifkan opsi developer. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Gagal Salin & Pindah File Ke SD Card Di Android"

Posting Komentar