Cara Atasi Sharing Printer Bermasalah di Windows 10 Dijamin 100% Work

Cara Atasi Sharing Printer Bermasalah di Windows 10
Sharing printer adalah metode untuk menghubungkan satu printer ke banyak komputer sekaligus dalam satu jaringan yang sama. Dengan menggunakan fitur sharing printer, Anda tidak perlu menyediakan satu printer untuk satu komputer, karena hal ini cukup menguras banyak biaya dan kurang efisien.

Jadi, sharing printer ini sangat cocok diterapkan di lingkungan kantor atau sekolah. Namun terkadang ada saja kendala yang ditemui ketika ingin melakukan sharing printer, salah satu masalah yang paling umum adalah komputer tidak mau terhubung dengan printer.

Ada beberapa alasan mengapa komputer tidak mau terhubung dengan printer, itu bisa dikarenakan komputer tidak terhubung dalam satu jaringan, firewall yang memblokir lalulintas jaringan dan lain sebagainya.

Nah bagi Anda yang mengalami hal seperti ini, dan bingung bagaimana mengatasinya, disini TKD akan berbagi informasi mengenai Cara Atasi Sharing Printer Bermasalah di Windows 10 Dijamin 100% Work. Anda bisa mencoba cara ini, berikut langkah-langkahnya.


Konfigurasi PC A (server)

1. Disini kita akan melakukan konfigurasi pada PC A yang bertugas sebagai server (yang melakukan sharing printer). Jadi pastikan PC A ini sudah terhubung dengan printer. Selanjutnya download software PaperCut Mobility Print dari situs web resmi di alamat https://www.papercut.com.


2. Jika Anda sudah selesai menginstallnya, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini pada browser.



Selanjutnya buat local account dengan mengisi formulir yang telah disediakan, lalu klik Create.


3. Pada halaman ini, Anda bisa memilih printer mana yang ingin disharing. Klik Select printers.



Pastikan juga tombol ON pada opsi Publish sudah aktif.




4. Meskipun langkah ini opsional, namun disarankan untuk mengubah IP address pada PC A yang awalnya dinamis menjadi statis. Hal ini dilakukan agar kedepannya Anda tidak perlu melakukan konfigurasi lagi dan PC client pun bisa langsung terhubung ke printer.

Masuk ke Control Panel lalu pilih Jaringan and Internet.




5. Pilih Network and Sharing Center.




6. Klik nama jaringan yang terhubung dengan PC A.




7. klik Details...




8. Disini Anda perlu mencatat yang telah kami beri tanda kotak merah (mulai dari alamat IP, subnet mask dan IP gateway). Jika sudah dicatat, klik Close.




9. Selanjutnya klik Properties.




10. Klik 2X pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).




11. Pilih Use the following IP address, lalu masukkan alamat IP yang Anda catat tadi. Untuk DNS servernya bisa menggunakan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Jika sudah klik OK.

PS: Alamat IP yang digunakan pada tutorial ini bisa jadi berbeda dengan alamat IP anda, jadi tinggal disesuaikan saja.


12. Kembali ke halaman Mobility Print Server pada browser. Selanjutnya pilih Discovery options.




13. Pilih Use a known host.




14. Selanjutnya pilih IP 192.168.1.2 lalu klik OK.




15. Setelah itu copy link yang telah disediakan, yang kami beritanda kotak merah, kemudian buka di PC client.




Konfigurasi PC B (Client)

1. Setelah Anda copy link tersebut, paste dan enter di browser, maka Anda akan dibawa ke halaman download. Silakan klik Download dan install. Pastikan PC client terhubung kesatu jaringan yang sama dengan PC server.




2. Saat proses instalasi, Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Pastikan opsi printer yang disharing sudah tercentang. Selanjutnya pilih Next.




3. Selesai! sekarang anda sudah bisa menggunakan printer pada PC A (sever).


Begitulah cara atasi sharing printer yang bermasalah. Software PaperCut Mobility Print sangat membantu dalam mengatasi berbagai masalah ketika melakukan sharing printer, mulai dari masalah printer yang tidak terdeteksi di PC client hingga muncul pesan error 0x0000011b dan masalah lainnya.


Belum ada Komentar untuk "Cara Atasi Sharing Printer Bermasalah di Windows 10 Dijamin 100% Work"

Posting Komentar